My Writings. My Thoughts.

Selasa, 01 Juni 2010

Sedikit Tentang HTML5

Udah pernah dengar istilah HTML5  (Hypertext Markup Language5)?
Walau sepertinya baru akan dipublikasikan pada 2013 mendatang, kayaknya gak ada salahnya kita mulai mengenal dan mempelajari HTML5 sejak dini (biar gak kaget nantinya)

Saat ini kita masih menggunakan HTML4 dalam penulisan web, ternyata HTML4 dianggap masih banyak kekurangan karena masih membutuhkan beberapa plugin seperti Adobe Flash.

Siapa pengembang HTML5?
yang pasti bukan aku orangnya! aku gak mungkin bisa sejenius itu hehehe, pengembang HTML5 sebenarnya berasal dari Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG)

Kita tahu kalau beberapa elemen yang membutuhkan plugin terasa amat berat untuk dijalankan di browser kita (gak percaya? Coba aja kamu buka web yang full flash!)

HTML5 memberikan solusi untuk mengatasi ketergantungan plugin, contohnya untuk pemasangan video dan audio yang saat ini menggunakan Adobe Flash bakal lebih dipermudah hanya dengan tag dan yang meringankan kerja komputer dalam memainkan video maupun suara (audio)

Bisa dibayangkan kalau Adobe Flash tidak akan dibutuhkan lagi di masa depan.
Lalu ada lagi tag unik di HTML5 yaitu uhm... Gunanya adalah untuk membuat media corat-coret di halaman web, dan bisa aja suatu saat akan banyak muncul media grafis online.

Cuma itukah keunggulan HTML5?
Gak dunk! masih banyak lagi fitur-fitur canggih yang bisa dimanfaatkan dari HTML5
Masih ada Local Storage, Web Workers, Semantics, dll yang sayangnya belum bisa aku jelaskan secara detail karena aku sendiri masih belajar! (toh masih diperkenalkan tahun 2013)

Lalu apakah HTML5 kan berpengaruh pada penulisan desain web di masa mendatang?
Seperti apa struktur HTML5?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters

My videos. Featured videos.

My photos. Now you know me.

My lifestream. Stay updated with me.

My favblog. Feeds from them.